Bisnis fashion, terutama Factory Outlet, Boutic Outlet, dan Distribution Outlet, semakin menggeliat dan berkembang di Indonesia seiring dengan berkembangnya trand budaya dan fashion di Indonsia. Hal ini membuat merek-merek lokal berusaha mempertahankan kualitas dan segmennya.
Sebagai kiblat fashion tanah air, kaos distro Bandung ikut berkompetisi dalam mengembangkan kualitas an manajerialnya, salah satunya adalah3 second. 3 Second merupakan salah satu brand pakaian ternama di kalangan anak muda yang berpusat di kota Bandung. Sebagai salah-satu distro branded yang telah berdiri selama 10tahunan terakhir, 3 Second telah berkomitmen menyediakan fashion untuk kalangan sreet weardewasa muda.
Outlet 3 Second-GKDB |
Kaos distro 3 Second pertama kali berdiri pada akhir 2002, dengan pasar anak muda, serta dengan corak stylish dan trendy. Selain fokus dalam pemasaran kaos, tersedia juga jaket, kemeja, sweater, celana panjang/ pendek, topi, tas, ikat pinggang, sepatu, dan sandal. Didesain senyaman mungkin dengan gambar-gambar serta tulisan catchy yang unik.
Ciri khas desain kaos 3second yaitu berkonsep trendy dan stylishsehingga membuat orang yang memakainya nyaman dan percaya diri. Desainnya simpel-simpel, kebanyakan memainkan font disetiap desainnya.
3Second Ladies-GKDB |
Selain 3second, pemiliknya mengembangkan merk Greenlight danMoutley. Ketiga merek ini punya konsep dan misi masing-masing. 3 Seconds punya misi untuk membuat customers merasa seperti selebriti karena itu konsepnya adalah trendy dan stylish sehingga merek 3second dikenal dengan dengan statement 'Feel Famous'. Lalu, untuk merek Greenlight melambangkan 'Never End To Concept' karena pakaian di merek ini designnya bisa dipakai oleh semua umur. Yang ketiga adalah, Moutley ini adalah mereka dengan statement 'Be Spotlight'. Konsep dan design-nya selalu mengikuti perkembangan jaman.
Membicarakan 3Second rasanya tidak lengkap jika tidak mencantumkan nama Ariel Noah yang menjadi bintang iklan (endorser) sekaligus duta merek (brand ambassador) untuk salah satu mereknya, yakniGreenlight. Bukan tanpa perjudian 3Second memilih Ariel sebagaiendorser. Pasalnya, selain memiliki karya yang fenomenal, Ariel pun memiliki sisi lain kehidupan yang sempat menjadi highlight di berbagai media dan menimbulkan kontroversi. Hal inilah yang memosisikan sosok Ariel seperti pedang bermata dua; dapat menjadi brand equity builderataupun brand equity killer.
Bentuk kerja sama yang dilakukan dengan Ariel bisa dibilang bukan hanya dari nilai bisnis, tetapi lebih pada pendekatan personal kepada sang selebriti untuk mendapatkan pengalaman dan kenyamanan dalam menggunakan produk. Selain kenyamanan, kemudahan juga diberikan3Second dengan banyaknya gerai penjualan di hampir setiap kota besar di Indonesia. Ini membantu sang selebriti akan suplai produk dalam mendukung performa ketika konser, termasuk menyediakan desain khusus buat mereka.
Belajar dari kesuksesan inilah 3Second kembali mencomot musisi papan atas lainnya, yakni Narova Morina Sinaga (Momo Geisha) untuk merek3Second Ladies. Sedangkan endorser pria dipilih Raffi Ahmad, presenter kondang yang natural dan atraktif. Tak hanya selebriti lokal, musisi asing asal Inggris, We Start Partys, pun berhasil digaet untuk membantu pemasaran.
Selain Greenlight dan 3Second, masih ada merek lain yang menjadi andalan produsen pakaian asal Bandung ini, seperti Famo, yang karib dengan gaya Uki Noah, baik di atas panggung ataupun di luar panggung. Satu lagi Moutley, pakaian yang desainnya mengacu pada budaya jalanan (street culture) yang digemari pencinta skateboard dan musik indie rock. Pemilihan endorser-nya pun disesuaikan dengan segmen pasar, yaitu Rosemary band yang mengusung genre indie punk.
Produk yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari kaos, celana, jaket, sepatu, tas, sandal, dan sebagainya, dengan jumlah rata-rata desain sekitar 240 varian per bulan. Dan 3Second mampu memproduksi sekitar 2 juta potong per tahun.
Nomor watsaap yg bisa hubungi ada
BalasHapus